Senin, 14 Mei 2012

Masangin, The Mystery of Luck

Masangin, apa hubungannya sama pohon beringin ^^??

Masangin? Mungkin masih pada gak familiar sama istilah ini ya, hee, aku juga baru beberapa hari yang lalu denger istilah ini, pada pnasaran gak ya kira-kira ^^? Apakah masangin itu seorang mas-mas yang bernama angin? Istilah singkat untuk masuk angin? Bahasa lainnya memasangkan? Hmm, apa dong??

Oke, sebelum crita tentang masangin, kita jalan-jalan dulu yuuk :) Semua pasti udah pada tahu Jogja kan. Nah, buanyak banget bagian dari Jogja ini yang sangat terkenal, salah satunya adalah Keraton Jogja. Kita mulai jalan-jalannya dari sini yaa.. Gak jauh dari Keraton Jogja, atau bahkan masih dalam kompleks keraton, terdapat dua alun-alun, yaitu alun-alun lor yang terletak di depan atau di sebelah utara keraton, dan alun-alun kidul yang terletak di belakang atau di sebelah selatan keraton. Hmm, u guys better visits here to figure out more about the details about Keraton Jogjakarta. 

 Singkatnya, alun-alun lor pada jaman dahulu sering digunakan untuk acara-acara atau upacara yang banyak melibatkan rakyat misal kayak upacara sekaten, kalau sekarang sih udah lumayan berubah fungsi, masih digunakan buat kegiatan-kegiatan yang melibatkan rakyat juga sih, tapi beda kayak jaman dulu, jadi alun alun lor ini sekarang sering dipakai buat acara-acara sepeti konser musik, kampanye, penyelenggaraan ibadah umat Islam, sampai dipakai buat tempat parkir atau sekedar bermain sepak bola.

Terus, kalau alun-alun kidul buat apa? Nah, di alun-alun kidul inilah kita akan bertemu langung dan berkenalan dengan yang namanya masangin, hee.. Jadi, di alun-alun kidul ini ada sepasang pohon beringin yang letaknya sejajar, dengan jarak yang cukup lebar *gak sempet ngitung berapa lebarnya* yang masing-masing dikelilingi sama tembok putih. Masangin itu sendiri adalah nama semacam permainan dimana kita berjalan lurus dari salah satu titik di tepi alun-alun dengan mata tertutup dengan tujuan melewati antara kedua beringin tersebut. Hmm, pada bisa bayangin gak ya,hee.. Pas awal lihat oang-orang yang mencoba permainan ini tuh rasanya geli dan gemes dewe, bayangin aja, all we have to do is just walk straight thru a space which is very wide. Yang muncul pertama kali di otak kita pastilah "Hmm, gitu doang, masak gak ada yang bisa lewatin?" Hee, jadi emang, buanyak banget yang nyobain permainan ini dan banyak pula yang gak berhasil-berhasil. Jadi ada yang dari awal dah berhasil lurus, ee, sampe beberapa csentimeter deket finish line nya malah tiba-tiba bermanuver entah ke kanan atau ke kiri dan terancam menabrak akar-akar beringin yang menjuntai dengan gagahnya hingga keluar pagar. Eh iya, lupa, for doing this game we need two people, yang satu yang ditutup matanya dan yang satunya jadi semacam guide nya gitu, yang tugasnya ngasih aba-aba buat berhenti sejenak kalau misal dia mau menabrak masangin.ers lainnya. Tapi tetep, yang bertugas jadi guide gak boleh ngarahin buat belok kanan atau kiri atau ngasih aba-aba lurus atau gak nya jalan si masangin.er ini.

Yang seru dari permainan ini adalah kita bisa lihat gaya masing-maing orang, ada yang berjalan dengan penuh semangat dan percaya diri, eh, tapi malah baru seperempat perjalanan udah bermanuver hampir 90 derajat. Ada yang berjalan ala paskibra yang berjalan tegap dengan harapan bisa tetap lurus, tapi ujung-ujungnya nabrak pagar juga. Ada yang berjalan dengan mengacungkan isyarat-isyarat tangan tertentu. Ada juga yang awalnya jalan miring banget tapi akhirnya malah berhasil menaklukkan kedua beringin ini. Yang seru juga, orang-orang yang bertugas jadi guide kadang suka ngerjain si masangin.er ini, misal dibiarin bermanuver dan jalan terus sampai hampir kleuar alun-alun, ada yang sengaja ngarahin biar nabrak, ada yang diem aja pas tahu masangin.er nya nyasar ke akar bringin, de.el.el.

Serunya lagi, alun-alun kidul ini ramee banget kalau malam hari, mm, siang rame juga sih, tapi gak serame kalau malam, mungkin karna faktor cuaca juga kali ya, kalau siang panas banget. Jadi malam hari di alun-alun ni ramenya karena muacem-macem hiburan yang bisa dinikmati. Yang pertama kali menarik perhatian adalah sepeda-sepeda gandeng yang dihias dengan lampu-lampu dan dipasangi lagu-lagu yang lagi in gitu, selain sepeda ada becak juga dengan casing yang sama, bahkan ada becak yang bertingkat juga. Sepeda gandeng dan becak yang sudah dimodifikasi ini disewain, lumayan murah sih, mulai dari 15ribu doang, untuk beberapa kali putaran alun-alun tergantung negosiasi kita sama mas-mas yang nyewain sepeda gandeng dan becak-becak ini. Gak cuma anak-anak muda, bapak-bapak dan ibu-ibu sama anak-anaknya buanyak juga yang maen sepeda gandeng sama becak modifiksi ini, berasa kayak lagi parade gitu, seruu.

Hiburan selanjutnya yaa, masangin itu sendiri, seru banget maen masangin ini, mayan deg-degan juga, tapi seneng kalau udah berhasil lewat. Dan masangin ini menurutku bukan permainan yang bisa ditaklukkan dengan teknik atau sekedar rasa percaya diri, for me it's a matter of luck, ya walaupun bisa langsung berhasil dengan cute nya pada percobaan pertama, tapi tetep aja gak pede buat nyoba lagi, haha.. Beberapa orang percaya kalau permainan ini merupakan semacam ritual buat menyampaikan keinginan kita, well, for me, this game is just for fun, bisa jadi sarana seru-seruan bareng keluarga atau orang-orang terdekat, sambil menikmati suasana khas Jogja di malam hari, it's beautiful, isn't it :)

Last but not least, di sekeliling alun-alun kidul ini kalau malam banyaak banget yang jualan makanan, mulai dari nasi dengan bermacam-macam lauk, makanan-makanan sampingan seperti roti atau jagung bakar, hingga berbagai macam minuman khas seperti rond dan bajigur, nyaam, abis bkar kalori dengan maen sepeda atau becak modifikasi, maen masangin, nah, pas banget kalau 'ditutup' dengan icip-icip di warung-warung sekitar.

So, piye sederek sedanten, ready to accept the challenge?? Jalan-jalan ke alun-alun kidul ini lumayan murah, seru, menyenangkan, dan bisa bikin ketagihan lho, hee.. Kalau yang butuh peta letak alun-alun ini boleh diklik peta di bawah ini, exciting places that Jogja couldn't hide :)

Finally, see u in the next adventure :D

0 komentar:

Posting Komentar